Waw! Ungguli Inggris, Harta Keluarga Raja Salman Capai Rp21. 525 T

RIYADH, Waspada. co. id – Harta kekayaan suku Raja Salman tercatat mencapai US$1, 5 triliun atau setara Rp21. 525 triliun (kurs Rp14. 350 per dolar AS). Nilai kekayaan kerajaan House of Saudi ini bahkan melebihi negeri Inggris sekitar US$88 miliar atau setara Rp1. 262, 8 triliun.

Melansir The Richest, kapital kerajaan Arab Saudi utamanya berasal dari keuntungan kongsi minyak nasional Saudi Aramco. Sebab, kerajaan memegang kontrol atas BUMN minyak tersebut.

Saat ini, Saudi Aramco masih menjadi produsen dengan cadangan minyak mentah terbesar kedua di dunia. Sejenis juga tingkat produksinya yang masih tinggi.

Sementara itu, untuk kekayaan berbentuk aneka macam. Mulai dari empat perkebunan mulia, satu Istana Murabba dengan 32 kamar dan tujuh halaman, satu istana Al Yamama dengan 400 kamar, satu Istana Riyadh yang menjadi markas kerajaan dengan berbagai dekorasi emas, tenggat satu Istana Erga dengan terkenal mewah.

Seperti diketahui jika harta kerajaan Arab Saudi tidak hanya dipegang oleh Kepala Salman, tapi juga Putra Mahkota Mohammad bin Salman. Ia memiliki istana dalam Prancis seharga US$300 juta atau Rp4, 3 triliun dengan 10 kamar serta luas 50 ribu meter persegi.

Ia juga memiliki Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci senilai US$450 juta atau Rp6, 45 triliun, superyacht Serene senilai US$500 juta atau Rp7, 17 triliun, dan lainnya.

Sementara keponakan Raja Salman yang juga menjadi pewaris tahta, Pangeran Alwaleed bin Talal memiliki real estate dan hotel mahal, seperi The Four Seasons, Monte Carlo Grand Hotel Monaco, sebuah hotel mewah di Seychelles, dan Savoy Hotel di London. Begitu selalu Kingdom Resort dan jet pribadi Boeing 747-400 & mobil berhiaskan berlian. (wol/cnnindonesia/ari/data3)