Siasati Covid-19 di 2021, Pengamat Sarankan Ini ke Cawalkot Medan


WOL Photo

DAERAH, Waspada. co. id – Pengamat Sosial dan Kebijakan dari Universitas Sumatera Utara, Muryanto Amin, meyakini bahwa calon Pemangku Kota dan Wakil Wali Praja Medan Akhyar-Salman dan Bobby-Aulia memiliki konsep yang cukup matang buat menghadapi pandemi Covid-19 pada 2021 mendatang.

Asalkan ketika terpilih menjadi pemimpin, para calon tersebut komitmen dengan gagasan yang mereka utarakan saat mensosialisasikan muncul di tengah-tengah masyarakat.

Kepada Waspada Online , Muryanto, mencontohkan anggaran dengan di dapat dari pemerintah pusat, provinsi maupun yang dimiliki Pemko Medan bisa langsung digelontorkan ke masyarakat dalam bentuk uang. Sehingga masyarakat punya daya dorong untuk membeli barang dan roda perekonomian terus berputar.

“Bantuan sosial itu jangan disalurkan di dalam bentuk barang, tapi uang. Tersebut pasti akan menggerakkan roda perekonomian kita. Karena kalau dalam wujud barang, roda perekonomiannya nggak hendak banyak berputar. Itu yang memutar penting sebenarnya, ” sarannya, Minggu (25/10).

Lebih lanjut dijelaskan Muryanto, contoh berikutnya ialah merajut kembali kepedulian masyarakat Praja Medan. Di mana awal kemunculan Covid-19, warga yang mampu dengan finansial membantu warga yang tidak mampu.

“Harus ada yang mampu memobilisasi kembali kebersamaan di saat depan Pandemi Covid-19. Leading sektornya adalah negeri, makanya butuh komitmen dari atasan sehingga kita bisa melewati tersebut semua, ” ujarnya.

Bantuan dalam bentuk barang dengan selama ini disalurkan Pemko Medan, lanjutnya, tidak begitu berperan pada menggerakkan roda perekonomian. “Misalnya sembako dan sejenisnya. Sebetulnya (bantuan) yang berdampak langsung itu adalah kekayaan, sehingga ia punya kemampuan buat membelanjakan. Kalaupun ada dugaan kekayaan tersebut akan disalahgunakan, tinggal penyungguhan dari pemerintah yang diperlukan, ” sebutnya.

“Sekali lagi ini adalah kemampuan pemerintah buat membuat rencana, memobilisasi dan mendirikan tata kelola agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan itu bisa menggerakkan roda perekonomian, ” pungkasnya. (wol/mrz/d2)

Editor: SASTROY WUJUD