Puluhan Rumah Terancam Akibat Bencana Negeri Longsor Garut

BANDUNG, Waspada. co. id – Badan Penanggulangan Bencana Wilayah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana (PB) menyampaikan puluhan rumah warga terancam bencana desa longsor di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu sehingga penghuni harus diungsikan

Hal tersebut disampaikan Tim Lapangan Pusdalops PB, Sendi Hernawan, bahwa sebanyak 21 sendi terancam dan terdampak akibat bencana tanah longsor.

“Total yang terdampak serta terancam sebanyak, 21 rumah terdiri dari 24 kepala keluarga 76 jiwa” ujar Sendi kepada Waspada Online Jabar melalui saluran telpon, Senin (15/2).

Sendi menambahan, 21 rumah tersebut meliputi dua rumah yang terdampak dengan dua rumah kepala keluarga dengan tujuh jiwa sedangkan 19 rumah saat ini terancam dengan 15 kepala keluarga dengan jumlah 53 jiwa.

“Rumah penduduk itu berada di dua kampung yaitu Zona Babakan Kawung dan Kampung Cipageur, ” terang Sendi.

Diketahui, kampung tersebut berada dalam tanah dengan ketingian 50 meter serta panjang longoran tersebut kira-kira 500 meter. “Kejadian bencana tanah longsor tersebut terjadi pada Jumat (12/2) lalu sekitar pukul 20. 00 WIB, penyebabnya karena abu yang deras, ” tambahnya.

Sendi mengatakan bahwa kini warga yang rumahnya terancam oleh bahaya longsor tersebut sementara diungsikan ke Madrasah Nurul Iman dan Masjid Al Hikmah serta ada juga yang mengungsi ke panti saudaranya yang aman dari risiko bencana tanah longsor. (wol/rin/d2)