Puasa Bagus Untuk Imunitas Tubuh, Dinkes Bandung: Jaga Kelengkapan Gizi

BANDUNG, Waspada. co. id – Besar Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanegara menuturkan bila puasa bagus untuk kesehatan tubuh.

“Kita tidak kekurangan makanan membentuk, makannya dijaga saat sahur dan bukanya kecukupan gizi satu harinya itu kudu dipenuhi, jadi makanannya harus baik, ” papar Ahyani saat diwawancara via telepon, Minggu (18/4).

Kemudian Ahyani melanjutkan berpuasa seperti memalingkan pola atau irama kegiatan pencernaan.

“Bahkan lebih bagus usus kita lambung kita beristirahat sejenak tidak terus menerus diisi makanan yang harus diolah dan mengurangi segala racun-racun pewarna pengawet atau apapun minyak yang biasanya tak henti-hentinya sepanjang hari meresap ke tubuh kita, ” jelasnya.

Lebih lanjut Ahyani mengatakan menu sahur atau buka puasa seperti anjuran pola makan yang sehat.

“Kita suka bilangnya ‘Isi Piringku’ disamping buah-buahan, tetap harus ada buah, kemudian dilihat ada sayur, zat putih telur hewani, protein nabati, karbohidrat secukupnya dan jangan lengah air putih yang cukup karena kan sepanjang keadaan kita tidak minum oleh sebab itu harus digantikan saat sahur dan buka, ” bebernya.

Seperti diketahui saat ini umat muslim di Indonesia tengah melaksanakan ibadah puasa di pusat pandemi Covid-19. Oleh karena itu pentingnya untuk merawat imunitas tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19. (wol/vin/p3)

Editor: Agus Utama