Pilkada di Masa Pandemi Covid-19, Pemprovsu Gelar Doa Bersama Lintas Pegangan


foto: Biro Humas & Keprotokolan Setda Provsu

MEDAN, Waspada. co. id – Untuk menciptakan iklim damai, sejuk, dan bermartabat di dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 bebas Covid-19, Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) mau menggelar doa bersama lintas keyakinan dan elemen masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Badan Kebulatan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Sumut, Safruddin, kepada wartawan di Jawatan Bakesbangpol, Jalan Jenderal Gatot Subroto Medan, Kamis (3/12). Disebutkan, doa bersama akan dilaksanakan Jumat (4/12) pukul 10. 00 WIB dalam Posko Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Menurut Safruddin, ciri bersama yang akan dihadiri unsur Forkopimda Sumut, ormas keagamaan, serta berbagai forum strategis turut diikuti secara serentak di kabupaten/kota se-Sumut. Imbauan doa bersama ini selalu telah diberitahukan kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota.

“Diminta pada bupati/wali kota untuk doa bergabung serentak, terfokus di daerah masing-masing. Dilaksanakan dalam ruangan tertutup untuk memudahkan pengendalian protokol kesehatan, ” jelasnya.

Safruddin menambahkan pelaksanaan doa bersama serentak itu diimbau agar seluruh elemen klub menghentikan aktivitas selama lima menit, terhitung mulai pukul 10. 00 WIB sampai 10. 05 WIB untuk berdoa sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

Doa bersama lintas pegangan akan dipimpin oleh masing-masing pemimpin Agama Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu, biar pelaksanaan Pilkada tahun ini berlaku dengan damai, sejuk, dan bermartabat. Selain itu, mendoakan agar pandemi Covid-19 dapat segera berakhir.

Sumut merupakan salah kepala daerah terbesar yang mengikuti Pilkada Serentak 2020. Terdapat 23 kabupaten/kota yang akan menggelar Pilkada, berisi atas 17 kabupaten dan enam kota. (wol/aa/d2)

editor AUSTIN TUMENGKOL