Perlunya Membangun Kesadaran Masyarakat Tentang Kejernihan


WOL Photo

MEDAN, Waspada. co. id – Penanganan sampah di Kota Medan datang hari ini belum menemukan pola yang efektif. Meski sudah memilik Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan permasalahan masih saja ada.

Bahkan Perda yang disahkan pada pertengahan 2015 lalu itu, belum memberikan efek yang kaya di tengah-tengah masyarakat. Padahal, Perda tersebut memuat aturan-aturan penting di mana Pemko Medan bisa longgar menegakan peraturan untuk kebaikan Tanah air Medan.

Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sentosa (F-PKS) Irwansyah S. Ag, menilai perlu adanya proses membangun kesadaran di masyarakat tentang pentingnya kebersihan.

“Perda ini telah sangat bagus. Namun, persoalan kotor dan kebersihan ini tidak mampu ditumpukan terhadap keberadaan perda semata, melainkan harus ada upaya berhubungan dalam membangun kesadaran tentang kebersihan di masyarakat, ” tegas Irwansyah dalam acara sosialisasi Perda ke 6 yang dilaksanakan di Ustaz Pukat I Gang Melati Burit, Kelurahan Bantan Timur Kecamatan Daerah Tembung, Ahad (25/10).

Dengan tersedianya produk hukum itu, Irwansyah sangat berharap ada transformasi dalam tata kelola kebersihan & persampahan di Kota Medan. “Hingga hari ini problem itu sedang ada, meskipun setiap pemimpin pada Kota Medan ini sudah betul maksimal berupaya mencari terobosan yang efektif untuk permasalahan ini, ” jelasnya.

Irwansyah sangat berharap, kepemimpinan Kota Medan ke depan bisa menjadi problem solver terkait permasalahan yang ada. “Kita sangat berharap majikan Medan ke depan bisa siap menjadi problem solver, ” ungkapnya.

Politisi Dapil III Kota Medan ini mengungkapkan, persoalan kebersihan dan pengelolaan sampah ini harusnya juga mampu meningkatkan poin ekonomi warga. Salah satunya dengan pembinaan program Bank Sampah. “Dari hasil studi banding yang kita lakukan di beberapa daerah, itu sudah mampu berhasil keluar dari permasalahan persampahan ini dengan kehadiran Bank Sampah, ” tegasnya.

Irwansyah mengajak masyarakat buat serius menjaga kebersihan lingkungannya, secara membuang sampah pada tempatnya. “Permasalahanan sampah ini adalah tanggung berat kita bersama, jika kota itu ingin menjadi kota yang cara, ” pungkasnya. (wol/mrz/data3)

Editor: Agus Utama