Memori Kerumunan Massa, Lapangan Merdeka Ditutup


WOL Photo

MEDAN, Waspada. co. id – Menjelang pergantian tahun baru 2020, Pemerintah Kota Medan menutup Lapangan Merdeka dengan terletak di Jalan Balai Praja, Kecamatan Medan Barat, Kamis (31/12).

Diketahui, penutupan itu dilakukan dalam demi menghindari gerombolan di malam pergantian tahun.

Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, Lapangan Merdeka kerap menjadi tempat masyarakat Kota Medan untuk berkumpul dan menanti pesta kembang sinar pada detik-detik pergantian akhir tahun.

Berdasarkan pantauan Perdata Online di Lapangan, pagar dalam depan pintu masuk Lapangan Lepas sudah dipasang sepanduk penutup.

“Diberitahukan kepada masyarakat bahwa Lapangan Merdeka sementara ditutup untuk umum mulai tanggal 30 Desember 2020 sama sampai dengan batas waktu yang ditentukan, ” isi spanduk yang terpasang.

Sebelumnya, Pemerintah Tanah air Medan juga sudah mengeluarkan himbauan agar tempat hiburan malam (THM), hotel dan pusat perbelanjaan berangkat 24 – 31 Desember buat membatasi kegiatan usahanya hingga pukul 21. 00 WIB.

Langkah dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan yang rentan memicu terjadinya penularan Covid-19 di tengah bangsa. Sebab, pada tanggal tersebut, ialah hari libur panjang untuk menerima Hari Natal dan Tahun Baru 2021 sehingga dikhawatirkan terjadinya kelompok. (wol/ryan/data3)

Editor: Agus Istimewa