Listyo Sigit Hapus Tilang di Bulevar, Motor Bodong dan Tidak Ada SIM Bagaimana?


WOL Photo

agregasi

JAKARTA, Waspada. co. id – Calon Kapolri tunggal Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo mau menghapuskan tilang di jalanan serta akan melakukan penegakan hukum berbasis elektronik atau elektronik tilang (ETLE) yang akan diterapkan bertahap pada menangani pelanggaran lalu lintas (lalin).

“Kemudian, khusus lulus lintas. Penindakan pelanggaran lalin, dengan bertahap akan mengedepankan mekanisme penegakan hukum berbasis elektoronik atau umum disebut ETLE (tilang elektronik), ” kata Listyo Sigit Prabowo di dalam uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR, Kompleks Dewan perwakilan rakyat Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga

Paripurna DPR Setujui Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Listyo Sigit: Polsek Nantinya Tak Lagi Lakukan Penyidikan

Fit and Proper Test Bahan Kapolri: 8 Komitmen Listyo Sigit Wujudkan Polri yang Presisi

Bugar and Proper Test Calon Kapolri: Pelayanan Polri Akan Semudah Pesan Pizza

Fit and Proper Test Calon Kapolri: Wacana Tilang Elektronik Mencuat Kembali

Kebijakan dari Listyo Sigit Prabowo tersebut dikomentari sejumlah netizen. Kira-kira diantaranya menilai tidak semua pelanggaran dapat ditindak dengan sistem ETLE.

“Tidak semua pengingkaran lalu lintas bisa ditindak dengan e tilang bagaimana polisi tau kalo pengendara tidak punya sim atau motornya bodong kalo tidak ada razia, ” tulis @mbah_upi di Twitter.

“Cakep solusinya jadi semua yg ditilang bisa jelas kesalahannya, cuman dalam kita kan masih banyak STNK yang bukan a/n pemilik aslinya? Apa nanti tiap jual kulak wajib langsung BBN karena kemahiran saya, mobil sudah dijual trus diblokir aja masih bisa diperpanjang bahkan ada beberapa yang menutup nya kayak kebuka lagi, ” @EU63N3_.

Beberapa antaralain menyetujui kebijakan mantan Kapolda Banten tersebut karena dianggap dapat menekan penyimpangan oleh oknum dalam penegakan pelanggaran lalu lintas.

“Sistem yang memungkinkan tatap muka masih jadi ladang ketidakbenaran di lapangan, ” tulis @pnsmagang.