Kritis! Barcelona di Ambang Kebangkrutan


foto: fcbarcelona

BARCELONA, Waspada. co. id – Barcelona benar-benar menghadapi cobaan berat menyusul situasi finansial asosiasi. Disebutkan, manajemen wajib memotong penghasilan Lionel Messi cs lagi atau terancam bangkrut pada Januari 2021.

Dalam dua minggu terakhir, Barca memang sudah merancangkan untuk memangkas gaji pemain sebesar 30 persen. Namun, para pemain mengajukan keberatan dengan mengirim burofax kepada mantan presiden klub Josep Maria Bartomeu.

Pun demikian, Barca terus membujuk para-para pemain agar menyetujui kebijakan itu. Daily Mail melaporkan negosiasi pengeratan gaji tersebut sudah dimulai pada Jumat (30/10) dengan pertemuan antara kuasa hukum pemain dan asosiasi.

Kini, El Blaugrana berpacu dengan waktu karena kudu mengurangi pengeluaran gaji pemain yang mencapai 190 juta euro (sekitar Rp3, 2 triliun) selambat-lambatnya di 5 November atau berisiko dinyatakan bangkrut di awal tahun.

Disebutkan, situasi yang memutar mengkhawatirkan adalah Lionel Messi. Jika akhirnya Messi enggan memperpanjang kontraknya, Barcelona wajib membayarkan bonus pada kapten Timnas Argentina itu karena menuntaskan kontraknya.

Pemangkasan gaji memang kudu dilakukan karena pemasukan klub anjlok akibat pandemi Covid-19. Toko-toko formal dan museum Barcelona kehilangan pendapatan dan hadiah uang Liga Champions pun dikurangi. Carles Tusquets, pejabat Presiden Barcelona sementara menggantikan Bartomeu yang mundur, telah menjelaskan kesulitan ekonomi Barca.

“Kekhawatiran utama kami adalah finansial asosiasi, ” katanya, Sabtu (31/10).

“Pandemi ini memukul Barcelona dengan keras. Klub bergantung di pariwisata, dan sekarang seluruh pendapatan itu hilang, situasinya sangat tak nyaman, dan kami harus mengambil ide-ide dari manajemen yang periode untuk menemukan solusi dalam mengatasi masalah-masalah yang sedang kami hadapi, ” tuntasnya. (wol/aa/dailymail/d2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL