KM Aina Jaya Tenggelam Usai Tabrak Beting


WOL Photo

BELAWAN, Waspada. co. id – Kapal ikan nelayan asal Belawan KM Aina Jaya tenggelam setelah menabrak beting atau kedangkalan mencorok ke latar laut di Perairan Bouy 9, Belawan, Jumat (25/12) sore.

Kapal dengan beban enam gross ton (GT) saat tersebut melintas dari kebun sawit seberang, saat melintas di lokasi tiba-tiba menabrak beting mengakibatkan air hadir ke dalam kapal. Para badan kapal berusaha menghidupkan mesin mengambil air untuk mengurangi debit cairan yang masuk ke dalam pesawat.

Upaya yang dilakukan sia-sia, sehingga air semakin penuh yang masuk ke dalam kapal, dan mengakibatkan kapal semakin masuk di bagian buritan kapal.

Nahkoda kapal Edi Apriyanto (23), bersama awak lainnya Darmono (67), Sukiman (40) dan Subinanto (54) berusaha menyelamatkan diri biar tidak tenggelam. Mereka berusaha berenang dengan mengapung dengan alat seadanya.

“Waktu kapal menjalani kebocoran dibagian kamar mesin. Kami berusaha menyelamatkan diri masing-masing agar tidak tenggelam, ” cerita nahkoda kapal.

Kabar tenggelamnya kapal nelayan pokok Belawan tersebut telah diterima sebab petugas Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Teluk Nibung jajaran dari Satrol Lantamal I – Koarmada I untuk melalukan penyelamatan terhadap jasad kapal nelayan tersebut. (wol/ril/d2)