Kemenkes Awasi Pendatang Tujuh Negara Cegah Varian Baru

JAKARTA, Waspada. co. id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperketat pengawasan bagi warga Indonesia dan asing dari luar negeri di bandara serta pelabuhan dari tujuh negara mencegah masuknya berbagai varian baru virus Covid-19, termasuk varian Mu.

“ Kami juga memantau terhadap varian Mu yang saat ini menyebar di 46 negara dan terus koordinasi dengan petugas di pintu masuk negara serta mengantisipasi kemungkinan masuknya varian yang dikatakan memiliki potensi kebal terhadap vaksin, ” kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmidzi MEpid, Jumat (10/9).

Pemerintah tengah fokus mengawasi WNI dan WNA yang datang dari tujuh negara, yaitu Arab Saudi, Malaysia, Turki, Uni Emirat Arab, Korea Selatan, Jepang, dan Singapura. Dikatakan, pemerintah memantau WNI atau WNA yang berasal dari Kolombia, Ekuador maupun negara-negara yang mengumumkan sudah mendeteksi penyebaran varian Mu di negaranya.

Dari data yang dihimpun oleh Kemenkes menunjukkan 2, 24 persen warga Indonesia yang kembali dari perjalanan luar negeri teridentifikasi positif, meski hasil tes dari negara sebelumnya dinyatakan negatif.

Sementara sebanyak 0, 83 persen warga asing yang datang ke Indonesia dinyatakan positif setelah dites di pintu masuk kedatangan Indonesia. Padahal, hasil tes sebelumnya dari negara asal kedatangannya dinyatakan negatif.

Berdasarkan catatan Kemenkes antara 1-31 Agustus lalu, ada 4, 5 persen pelaku perjalanan internasional terkonfirmasi positif Covid-19 dari jumlah total kedatangan 36. 722 orang. Pada periode 1-6 September lalu terdapat dua persen pelaku perjalanan internasional terkonfirmasi positif Covid-19 dari jumlah total kedatangan 7. 179 orang.

Hal-hal yang menjadi kewajiban bagi pendatang dari luar negeri adalah pemeriksaan PCR pertama saat kedatangan. Bila hasil pemeriksaan PCR pertama negatif, dilanjutkan karantina sampai dengan hari kedelapan.

Bila hasil pemeriksaan PCR yang kedua negatif, barulah dinyatakan selesai karantina. Namun, bila hasil pemeriksaan di hari ketujuh positif maka harus isolasi terpusat atau perawatan di fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit.

“ Kita juga memantau semua varian yang muncul baik itu varian of concern yaitu varian Alpha, Beta, Gamma, dan Delta maupun varian of interest seperti varian Eta, Theta, Iota, Kappa, Lambda, MU, termasuk juga varian lokal yang muncul di Indonesia, ” ujar Nadia. (wol/aa/cnnindo/d2)

editor AUSTIN TUMENGKOL

The post Kemenkes Awasi Pendatang Tujuh Negara Cegah Varian Baru first appeared on Waspada Online | Pusat Berita dan Informasi Medan Sumut Aceh.