Jubir Satgas Covid: Kebutuhan Vaksin dalam Medan Cukup Banyak


Jurubicara Satgas Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan (WOL Photo)

KAWASAN, Waspada. co. id – Ahli bicara Satgas Covid-19 Kota Zona Mardohar Tambunan, mengaku bahwa hajat vial Vaksin Covid-19 untuk Kota Medan cukup banyak. Namun pihaknya lebih mendahulukan petugas kesehatan, ataupun yang lebih kontak erat dengan pasien terpapar virus.

“Kita sudah mendata semua petugas-petugas kesehatan kita. Untuk (petugas kesehatan) yang di puskesmas aja udah ribuan, petugas kesehatan yang dalam rumah sakit aja udah bertambah dari 10 ribu. Itu yang sudah mendaftar ke kita (Satgas Covid-19 Medan, red). Jadi hajat vial Vaksin Covid-19 kita penuh sebenarnya, ” ungkapnya kepada Perdata Online, Selasa (5/1).

Meskipun Vaksin sudah tiba keadaan ini dan disambut Gubsu Edy Rahmayadi, sebut Mardohar, pihaknya cuma sebatas menunggu arahan lanjutan lantaran orang nomor satu di Daerah Sumut tersebut, berapa kapasitas yang ditetapkan untuk Kota Medan.

“Karena persiapan kita tidak jumlahnya, bukan itu yang kita fokuskan. Kita fokusnya itu buat vaksinator, vaksinasi yang mau digunakan, terus puskesmas mana. Kan sebati arahan Presiden Jokowi vaksinasi seharusnya di semua puskesmas, posyandu bila perlu, ” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Mardohar, sesungguhnya pemerintah pusat sudah tahu berapa jumlah kebutuhan vaksin untuk Tanah air Medan. Sebab, seluruh data dengan dilaporkan Pemko Medan ke pusat sudah transparan berdasarkan hasil swab seluruh rumah sakit yang menampung pasien Covid-19.

“Jadi sekarang terserah pemerintah aja mau kasih ke kita (Medan) berapa. Yang pasti, jika 40 ribu vial Vaksin Covid-19 masuk ke Sumut dan dibagi 33 kabupaten/kota, pasti tidak cukup untuk Kota Medan, ” pungkasnya. (wol/mrz/data3)

Editor: Agus Sari