HMI dan GMKI Akan Laporkan Kapolda Sumut

MEDAN, Waspada. co. id – Badan Kordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (Badko HMI) Sumut bersama Korwil Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Sumut-Aceh akan segera melaporkan kerumunan saat Vaksinasi di Medan Olahraga (GOR) beberapa zaman lalu.

Pasalnya, ke dua organisasi dengan merupakan bagian dari kawanan Cipayung ini, menilai bahwa terdapat kelalaian dalam pengamalan vaksinasi tersebut yang membuat kericuhan dan kerumunan yang dikhawatirkan menjadi cluster mutakhir penyebaran Covid-19.

Ketua Umum Badko HMI Sumut, Alwi Hasbi Silalahi, didampingi Ketua GMKI Sumatera Utara, Hendra Manurung, mengaku akan melaporkan hal tersebut kepada Kapolri Jendral Listio Sigit.

“ Bagaimana mungkin, rakyat mendirikan kegiatan kecil aja jika ada kerumunan langsung dihukum, tetapi Kapolda yang melakukan tidak ada reaksi sama sekali, jelas ini tidak seimbang, ” kata Hasbi pada Waspada Online, Selasa (10/8).

Untuk tersebut, sambung Hendra Manurung, HMI dan GMKI menegaskan biar proses hukum berlaku betul bagi semua pihak, apalagi terhadap Kapolda Sumut sekalipun.

“ Karena hukum adalah yang tertinggi di NKRI ini, ” tegasnya.

Lebih lanjut, Hasbi menambahkan, HMI dan GMKI meminta pada Kapolri Jendral Listio Sigit, agar segera memanggil Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak buat dilakukan evaluasi.

“ Jika hasil penelitian ternyata Kapolda salah, sungguh beri dia hukuman. Sebab beliau sudah melanggar, layaknya apa yang pernah dilanggar oleh masyarakat, ” ungkapnya.

Selain tersebut, Hasbi mengingatkan kepada semesta pejabat pemerintahan ataupun Forkopimda agar memberikan contoh dengan baik kepada masyarakat.

“ Kita harus kasih contoh bahwa lembaga berlaku kepada siapa saja. Kami berharap kasus serupa ini harus menjadi dengan terakhir, jangan lagi Kapolda Sumut membuat kegiatan menyiapkan orang banyak, ” pungkasnya. (wol/tim/data3)

The post HMI dan GMKI Akan Laporkan Kapolda Sumut first appeared on Waspada Online | Pusat Berita dan Fakta Medan Sumut Aceh.