Gubsu Dorong Labura Jadi Model Daerah Ketahanan Pangan

AEK PRAJA BATU, Waspada. co. id – Gubernur Sumatera Mengadukan (Gubsu) Edy Rahmayadi memerosokkan Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) menjadi contoh daerah secara ketahanan pangan yang bagus. Melalui ketahanan yang jalan, Labura bisa berkembang bertambah cepat.

Peristiwa ini disampaikan Gubsu saat kunjungan kerja ke Kabupaten Labura, Kamis (5/8). Pada depan OPD, camat, lurah, kepala desa (kades) se-Kabupaten Labura, Edy meminta biar lurah bisa mendorong petani meningkatkan pengembangan tanaman bertabur.

“ Jangan semua lahan jadi sawit, tanam juga yang asing untuk pangan. Lihat istimewa desanya dan tanaman bertabur yang cocok ditanam. Memutar tidak rumah tangga tanam cabai, sayuran atau lainnya. Dengan alam seperti ini harusnya Labura siapa tahu contoh daerah dengan ketahanan pangan bagus, ” kata Edy.

Berdasarkan data yang diberikan, produksi beras Labura surplus. Namun, bahan bertabur lainnya seperti jagung, cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, & kentang masih defisit. Jagung Labura hanya mampu memproduksi 29%, cabai merah 2%, cabai rawit 7%, bawang merah, bawang putih mengikuti kentang 0%.

“ Rendah sekali produksi bahan pangan strategis kita di sini. Bawang benar sulit, tetapi yang lain laksana cabai merah dan cabai rawit harusnya bisa bertambah dari itu, ini bisa kita tanam sendiri, ” terang Gubsu didampingi Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut Azhar Harahap.

Bupati Labura, Hendriyanto Sitorus, mengatakan dirinya bersama-sama jajarannya akan mendorong pertanian tanaman pangan. Menurutnya, Labura memiliki potensi untuk memenuhi kebutuhan pangannya sendiri.

“ Bila dipandang dari karakteristiknya daerah ana mampu memproduksi tanaman bertabur seperti jagung dan cabai. Beras kami surplus, moga yang lain akan menyusul, ” kata Hendriyanto.

Gubsu juga menyerahkan bantuan dana operasional buat lima SMK/SMA di Kabupaten Labura senilai Rp585. 750. 000. Selain itu, diserahkan bantuan alat pertanian bagaikan hand tractor, alat meniru sawah, dan alat suntikan tanaman. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

The post Gubsu Dorong Labura Jadi Contoh Daerah Ketahanan Pangan first appeared on Waspada Online | Pusat Berita dan Informasi Medan Sumut Aceh.