Gatot Ngaku Diajak Kudeta PD, Jhoni Allen: Tolong Tanpa Asbun

JAKARTA, Waspada. co. id – Sekretaris Jenderal Partai Demokrat kubu Moeldoko, Jhoni Allen Marbun, meminta mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo tak asal beri pernyataan.

Gatot sebelumnya mmenyatakan dirinya sempat diajak untuk mengudeta Agus Harimurti Yudhoyono dari posisi ketua ijmal Partai Demokrat.

“Pertama mohon adik saya untuk mengutarakan, siapa salah satu dalam antara kami yang menyelenggarakan KLB ini, yang dibilang mengajak. Tolong itu. Jangan asal asbun (asal bunyi), ” kata Jhoni pada kediaman Moeldoko, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/3).

Dirinya mengatakan, sebagai jenderal bintang empat, tak seharusnya Gatot bicara sembrono. Apalagi, sempat mengaku diajak terlibat untuk mengudeta status Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Sebagai seorang panglima jenderal bintang 4 tidak mudah, tapi tanpa asbun, ” tuturnya.

Lanjut Jhoni, pihaknya tak mungkin mendorong nama Gatot menjadi ketua ijmal Demokrat hasil KLB. Pasalnya, integritas Gatot dipermasalahkan.

“Kedua, soal perilaku enggak mungkin kami mengajak dia, ingat siapa dengan mengangkat dia jadi panglima, Jokowi, ” kata dia.

Gatot Nurmantyo diajak kudeta Partai Demokrat. Kudeta Partai Demokrat itu dimulai dari membuat usul tak percaya dengan AHY, Agus Harimurti Yudhoyono jadi Ketua Umum Partai Demokrat.

Namun, mantan panglima TNI itu menolaknya. Hal itu diceritakan oleh Gatot sendiri.

Ajakan tersebut muncul pra Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) ditetapkan sebagai ketua umum versi kongres sungguh biasa (KLB) di Deliserdang, Sumatera Utara.

“Nanti visi yang dikerjakan adalah kita mengganti AHY dulu, mosi tidak membenarkan, AHY turun. Setelah turun, baru pemilihan, ” perkataan Gatot lewat video dengan diunggah di akun Instagram-nya, Minggu (7/3).

Gatot menolak ajakan kudeta Partai Demokrat, karena wujud Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan Ketua Elok Tinggi Partai Demokrat. SBY pernah memberikan jabatan kepadanya.

“Saya Pangkostrad, dipanggil oleh SBY ke Istana ‘Kamu akan kami jadikan Kepala Staf Laskar Darat’. Karena saya terima kasih atas penghargaan tersebut dan akan saya pertanggungjawabkan, ” ujar Gatot. (wol/suara/ari/data3)