Gabungan 1 dan Liga dua Indonesia Mulai Juli

JAKARTA, Perdata. co. id – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah menerbitkan permisi keramaian kejuaraan pertandingan sepakbola Liga 1 dan Federasi 2 Indonesia musim tersebut.

“Insya Tuhan (izin) sudah, ” cakap Asisten Kapolri Bidang Proses (Asops), Irjen Imam Sugianto, via whatsapp’ di Jakarta, Senin (31/5).

Sebelumnya, Polri berencana menerbitkan izin Asosiasi 1 dan Liga dua Indonesia pada 27 Mei 2021. Menurut Imam, izin kompetisi Liga Indonesia tersebut diberikan setelah memperhatikan kaum aspek dan rekomendasi-rekomendasi yang dikaji selama ini sebab pihaknya.

“Rekomendasi dikumpulkan dan akan dikasih izin sesuai arahan Kapolri, ” kata Imam.

Imam menyebutkan pengoperasian Liga 1 dan Asosiasi 2 dapat mengacu dalam turnamen pramusim Piala Menpora 2021 yang berlangsung 21 Maret-25 April lalu. Patuh mantan Ajudan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, Piala Menpora dinilai sukses dari segi penyelenggaraan serta pencegahan Covid-19.

Namun, Imam mengingatkan kemaluan upaya lebih karena zaman pelaksanaan kompetisi Liga satu dan Liga 2 dengan lebih lama. PSSI berencana menggelar Liga 1 2021-2022 mulai awal Juli had Maret 2022.

Di lain pihak, Gabungan 2 akan bergulir 14 hari setelah kick off Liga 1 dan diproyeksikan berakhir pada Desember 2021. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan Liga satu Indonesia terpusat di Pulau Jawa dan dilaksanakan secara format liga penuh (kandang-tandang).

“Untuk Bon 2 akan kami rapatkan kembali. Rencananya ada 4 wilayah yang menjadi majikan rumah seperti, Palembang, Riau, Tangerang Selatan, dan sebagainya, ” tutur Iriawan. (wol/aa/ant/d2)

Editor: AUSTIN TUMENGKOL