EDITORIAL: Protes Omnibus Law Masih Berlanjut


Ilustrasi

Waspada. co. id – Berbicara tentang UNDANG-UNDANG Cipta Kerja (Omnibus Law) memang seakan tak ada habisnya. Kenapa? sejak disahkan oleh DPR MENODAI pada 5 Oktober lalu, memihak dan kontra terus terjadi, makin kekompakan pemerintah Indonesia dan rakyatnya untuk sama-sama memberangus pandemi Covid-19 dari negeri ini tampaknya perlahan tergerus dengan disahkannya UU Ciptaker ini.

Hal tersebut ditandai dengan gelombang protes yang dilakukan masyarakat khususnya buruh, berupa demo di jalanan dan kantor-kantor instansi pemerintan, yang terkadang tak luput dari kericuhan. Dan dengan sangat disayangkan demo yang dikerjakan itu kerap mengabaikan protokol kesehatan tubuh.

Fenomena dan bahan yang terjadi ini menunjukkan masa pemerintah bersama DPR RI, yang dinilai paling berkompeten untuk menyelesaikan permasalahan ini belum mampu menyampaikan solusi apapun kepada rakyatnya. Menyesatkan tidak agar gelombang demo yang terjadi itu bisa berhenti, & polemik yang ada saat ini bisa mereda.

Sekitar ini, masyarakat tetap diminta untuk membaca secara seksama dan memahami pasal demi pasal yang terekam di undang-undang berisi kurang bertambah 900 an halaman tersebut. Dan terpenting jangan mudah terprovokasi secara berbagai hoaks (berita bohong) terpaut undang-undang itu.

Terlebih, tepat Selasa (20/10) hari ini, genap setahun pemerintahan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin. Tentunya, setiap orang berhak menilai bagaimana kemampuan pemerintahan yang mengusung slogan Indonesia Maju ini, dengan sejumlah permasalahan yang terjadi selama setahun akhirnya ini.

Berdasarkan catatan dari sejumlah sumber yang telah dihimpun bahwa banyak hal yang sudah terjadi semasa setahun pemerintahan ini. Dan permasalahan terkait demonstrasi dan Pandemi Covid-19 yang paling banyak diberitakan.

Tercatat, demonstrasi mahasiswa menumpukan sederet rancangan undang-undang (RUU) serta pelemahan KPK terjadi sejak sebulan sebelum hari pelantikan Jokowi-Ma’ruf. Demo-demo di berbagai daerah itu penuh yang berujung kerusuhan.

Lalu, Jokowi-Ma’ruf Amin dilantik di 20 Oktober 2019. Dalam kesibukan pelantikan pada Sidang Paripurna MPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jokowi-Ma’ruf mengucap sumpah untuk menunaikan kewajibannya.

Setelah dilantik, pemerintahan ini disambut dengan berbagai dinamika politik yang terjadi. Hingga belakangan Indonesia dilanda pandemi Covid-19, dengan hingga kini sudah menelan belasan ribuan korban jiwa.

Kembali ke pertanyaan awal, kok protes UU Ciptaker ini sedang terjadi? Pastinya karena rakyat khususnya buruh yang melakukan aksi demo ini merasa aspirasinya belum tertampung.

Untuk itu, marilah pemerintah dan DPR RI untuk sesegera mungkin mencari solusi ulung. Bagaimana agar pemerintah dan rakyat bisa sama-sama lagi bergandengan tangan, melewati berbagai cobaan yang telah dan akan melanda negeri tersebut, termasuk pandemi Covid-19. (***)