Dialog Satgas Covid-19 Buka Sekolah di Zona Kuning, Ini Kata Mendikbud


Mendikbud Nadiem Makarim [Suara.com/Arya Manggala]

aglomerasi

BOGOR, Waspada. co. id – Menteri Pelajaran dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim mengaku siap untuk mengikuti dialog gugus tugas covid-19 yang akan membuka sekolah di zona kuning. Pihaknya pun akan segera jemput bola terkait wacana tersebut.

“Sudah ada komen lantaran gugus tugas, kemarin bahwa tersedia wacana akan ada kelanjutan relaksasi tatap muka mungkin bukan kawasan hijau saja. Kami secara rancangan mengikuti arahan gugus tugas. Apapun yang gugus tugas menyatakan dari sisi kesehatan, kami langsung jemput bola nanti di Kemendikbud & kami akan melakukan dan melakukan protokolnya seperti apa, ” kata Nadiem, saat mengunjungi SMP Muhammadiyah Kota Bogor, Kamis (30/7/2020).

Kemendikbud akan bekerjasama dengan pemerintah daerah dan Dinas Pelajaran setempat untuk memastikan protokol kesehatannya terjaga. Karena, kesehatan para anak tetap yang harus diutamakan.

“Apapun kita lakukan buat relaksasi tatap muka. Protokol kesehatan adalah yang terpenting. Kemarin dengan di hijau pun ada perputaran, shifting, maksimal perkelas, sarana yang wajib seperti sanitasi, cuci tangan, wajib masker dan kalau tersedia keluarganya yang sakit apapun anaknya jangan masuk, ” ungkapnya.

Ia pun berharap agar relaksasi tersebut bisa terlaksana pada waktu dekat. Namun, pada dasarnya Kemendikbud akan mengikuti apapun arahan dan keputusan gugus tugas.

Advertisement

“Kemendikbud akan selalu bekerjasama denga gugus tugas dan meyakinkan bahwa kembali ke sekolah ini dilakukan secara teraman, tetapi tanpa kelamaan juga karena kami penuh keluhan dari berbagai masyarakat terkait kondisi sekarang. Jadi kalau rangkai tugas mengumumkan itu dalam periode dekat, kami juga akan merespon dan mengumumkannya bersama dengan rangkai tugas, ” tutup Nadiem.