Covid-19 Belum Mereda, Gubsu Belum Izinkan Pelaksanaan Konferda PWI Sumut

MEDAN, Waspada. co. id – Akibat pandemi Covid-19 tak kunjung mereda, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi belum memberi izin pelaksanaan Konferensi Daerah (Konferda) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumut yang direncanakan pada 28-29 Agustus 2021.

Menurut Gubsu yang juga Ketua Satgas Pengerjaan Covid-19 Provinsi Sumut, urusan Covid-19 di Sumut belum mereda. Terlebih saat ini, Kota Medan masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Bangsa (PPKM) Level 4.

“ Jangan zaman lah, pasti dibubarkan kalian itu nanti, ” perkataan Edy kepada Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE yang didampingi Ketua Panitia Konferda Drs Khairul Muslim di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Zona, Kamis (19/8).

Pada kesempatan itu, Hermansjah datang menemui Gubsu sekaligus menyerahkan surat permohonan pengoperasian Konferda PWI Sumut pada masa pandemi Covid-19. Adapun konferensi terdiri atas tahapan daring dan luring (tatap muka).

Namun, agenda pemilihan Ketua PWI Sumut dan Ketua Balai Kehormatan digelar secara tatap muka dan rencananya diikuti maksimal 139 peserta. Kejadian ini dikarenakan pemilihan memakai sistem mandat sesuai ketentuan PWI Pusat tentang pengoperasian konferensi di masa pandemi Covid-19.

Didampingi Pj Sekdaprovsu Afifi Lubis, Kepala BKD Faisal Pintar Nasution, dan Kadisnaker Sumut Baharuddin Siagian, Gubsu mengucapkan belum bisa dipastikan kejadian Covid-19 di Sumut akan mereda. Pasalnya, dampaknya tidak saja ke Konferda PWI, melainkan juga ke kesibukan masyarakat lainnya.

Hal ini juga bersandar pada penetapan kriteria lapisan selanjutnya dari Pemerintah Was-was untuk daerah-daerah di Sumut, seperti Kota Medan. Diketahui, ketentuan terakhir PPKM Lapisan 4 Kota Medan datang Senin (23/8) nanti. Mau tetapi, Gubsu ragu PPKM tersebut tidak diperpanjang.

Disebutkan, peserta acara pertemuan termasuk rapat maupun konferensi tatap muka tak boleh lebih dari 30 orang di masa pandemi. Ketentuan ini juga diperkuat Pj Sekdaprovsu Afifi Lubis merujuk kepada Instruksi Mendagri terbaru.

Biar masih berharap diberi kerelaan, arahan Gubsu akan dibawa pengurus dan panitia konferda ke dalam rapat buat dibahas lebih lanjut. (wol/aa/data3)

editor AUSTIN TUMENGKOL

The post Covid-19 Belum Mereda, Gubsu Belum Izinkan Pelaksanaan Konferda PWI Sumut first appeared on Perdata Online | Pusat Berita dan Informasi Medan Sumut Aceh.