Corona Filipina Makin Tinggi, Tapi Kepercayaan Warga ke Duterte Naik Tajam


Foto: Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (Charly Triballeau/AFP)

MANILA, Waspada. co. id – Presiden Filipina Rodrigo Duterte masih mendapat kepercayaan dari mayoritas warga Filipina sekalipun kasus infeksi virus corona pada sana terus meningkat. Kinerja Duterte dianggap meningkat selama pandemi Covid-19.

Dalam jajak kesimpulan yang dilakukan oleh Pulse Asia, tingkat kepercayaan warga FIlipina terhadap Duterte meningkat menjadi 91 persen dari 87 persen pada Desember 2019 lalu.

Inspeksi yang melibatkan 1. 200 karakter dewasa yang dilakukan dari 14 hingga 20 September ini menunjukkan bahwa kepercayaan warga tak termakan kendati Filipina menjadi negara dengan kasus corona tertinggi di Asia Tenggara.

Peringkat kepercayaan terhadap Duterte naik kendati Filipina masuk dalam salah satu negara yang paling lamban menangani pandemi.

Hingga saat tersebut Filipina berada di urutan ke-19 global dan peringkat pertama kejadian corona di Asia Tenggara secara 324. 762 infeksi dan 5. 849 kematian.

Sejak awal pandemi, Duterte dinilai lambat mengambil kebijakan untuk menghalau penularan virus corona. Duterte sempat memberlakukan penguncian nasional kala kasus melonjak dan mulai melonggarkan kendati penularan komunitas masih banyak ditemui.

Kenaikan keyakinan tertinggi berasal dari sektor baik ekonomi termiskin, kelas e yaitu 11 persen. Sementara dari kelas ekonomi d meningkat sebanyak dua persen. Dari kelas a, b, dan c justru mengalami penurunan kepercayaan sebesar satu persen.

Survei ini sekaligus menggugat perkiraan banyak pihak jika kepercayaan warga akan menurun seiring secara lambannya respons Duterte dalam hal penanganan pandemi. (cnn/data3)