CERI Nilai Andre Rosiade Tak Paham, Tekan Ahok Agar Pertamina Akuisisi BUMN Sakit

JAKARTA, Waspada. co. id – Center of Energy and Resources Indonesia (CERI) menghargai sikap politisi Gerindra Andre Rosiade dari Komisi VI DPR RI yang terkesan mengintervensi Pertamina melalui Menteri BUMN Erick Tohir agar segera mengakuisisi PT Rekayasa Industri patut disesalkan.

Direktur Eksekutif CERI, Yusri Usman, mengakui naganaganya sikap tersebut karena tempat sangat minim pemahaman berasaskan kondisi kesehatan keuangan PT Rekayasa Industri (Rekind) yang merupakan anak usaha holding PT Pupuk Indonesia benar sejak lama sudah berdarah darah.

Selain itu, kata Yusri, dia juga minim pemahaman kalau Pertamina itu juga memiliki banyak beban penugasan dari pemerintah maupun beban kelanjutan proses bisnis masa lulus yang membebani keuangan Pertamina jangka panjang, sehingga tadbir resiko Pertamina akan memberikan pertimbangan bagi Dewan Direksi dan Dewan Komisaris.

Seperti diketahui, sebutan Yusri, Andre di dalam rapat dengar pendapat antara DPR RI Komisi VI dengan Menteri BUMN Erick Tohir pada Kamis (8/7) di Senayan, mempertanyakan kok rencana akuisisi PT Rekayasa Industri oleh Pertamina sejak tahun 2018 hingga era ini belum terealisasi.

“ Jadi sangat benar dan wajar bila Ahok sebagai Komisaris Istimewa Pertamina tidak mudah diintervensi, karena dia juga kudu menjaga kepentingan Pertamina biar tetap eksis bisa melayani kepentingan oranga banyak sekaligus Pertamina bisa memberikan pemberian labanya bagi pemerintah, yaitu dengan menentang desskan bahwa Pertamina harus segera mengakuisisi PT Rekind, meskipun Kementerian BUMN telah meminta kepada Pertamina sejak tahun 2018 agar di sinergikan, ” katanya.

“ Padahal, sinergi antar BUMN itu tak perlu kudu dengan proses akuisisi, mampu juga strategi patner, karena Erick sebagai Meneg BUMN telah menerbitkan Peraturan Gajah BUMN nomor PER-07/MBU/IV/2021 dengan merupakan perubahan kedua berasaskan Peraturan Menteri BUMN nomor PER-03/MBU/08/2017 tentang Pedoman Kegiatan sama BUMN, ” tambahnya.

Sehingga, tambahan Yusri, motif Andre wajar dipertanyakan dengan mengeluarkan narasi, “ bagaimana perkembangannya Bungkus Menteri?, jadi jangan sampai kalah wibawa nya Kementerian BUMN oleh satu orang Komisaris Pertamina”, tegas Andre dikutip dari Detikcom.

Lanjut Yusri, seharusnya dia baca dulu UNDANG-UNDANG Perseroan terbatas, bahwa komisaris itu merupakan perpanjangan lengah pemegang saham dalam perseoran untuk mengawasi pelaksanaan tugas direksi menjalankan roda perseroan sesuai AD Perseroan dan Keputusan RUPS in casu Pemerintah RI cq Gajah BUMN.

“ Sebelumnya, pada 16 September 2020, Andre juga sudah mendesak Presiden Jokowi serta Erick Tohir copot Ahok dari Pertamina. Apakah desakan itu karena ketidaktahuannya tersebut?, ” tambahnya lagi.

“ Ini selalu hemat saya, karena Andre memang minim pemahamannya soal adanya investasi participacing interest pada blok migas pada luar negeri itu dengan kental dengan masalah, termssuk ketidak-sesuaian apa yang sudah di invetasikan dengan arahan yg diperoleh Pertamina di bentuk minyak mentah atau dalam bentuk penerimaan kekayaan, ” sambungnya.

Seharusnya Andre jangan kurang, kata Yusri, meskipun resiko besar yang telah dan akan dihadapi Ahok, namun dia Ahok tidak mau peduli dengan ancaman pemberhentian, karena demi kebaikan Pertamina.

Sebaliknya, harus dipertanyakan apa motif Andre mendesak desak Pertamina mengakuisisi Rekin dengan hanya dalil ada proyek pembangunan kilang Olefin TPPI bernilai kira-kira Rp 50 triliun tersebut kah?

“ Apa memang dia tak paham bahwa pelaksanaan rencana RDMP kilang Pertamina Balikpapan terseok seok jalannya, gres sekitar 35 % lantaran target harusnya sdh mencapai 70 % saat tersebut, bahkan sedang diaudit pendalaman oleh BPKP karena tersedia kecurigaan adanya peningkatan poin proyek melebihi 10 % dari nilai kontra. yang dari sudut pasal 53 dari Peraturan Presiden cetakan 16 tahun 2018 mengenai Pengadaan Barang Jasa telah terjadi pelanggaran kah?, ” tutupnya. (wol/ril/ari/data3)

The post CERI Nilai Andre Rosiade Tak Paham, Tekan Ahok Agar Pertamina Masukan BUMN Sakit first appeared on Waspada Online | Pusat Berita dan Fakta Medan Sumut Aceh.