Buatan Kualifikasi GP Styria: Hamilton Start Terdepan


foto: twitter

SPIELBERG, Waspada. co. id – Juara berdiam Lewis Hamilton akan memulai GP Styria di Austria dari kondisi terdepan. Pada sesi kualifikasi, Sabtu (11/7), pebalap Mercedes itu mendokumentasikan waktu 1 menit 19, 273 detik untuk melahap satu babak Sirkuit Red Bull Ring.

Di belakang Hamilton, tersedia Max Verstappen (Red Bull Racing Honda) yang terpaut 1, 216 detik. Sementara itu, posisi start ketiga ditempati Carlos Sainz (McLaren) yang berselisih 1, 398 detik dari Hamilton.

Keberhasilan Hamilton jadi yang tercepat pada sesi kualifikasi melanjutkan hasil sensasional di kualifikasi pertama dan ke-2. Pebalap Inggris itu selalu jadi yang tercepat di dua bagian tersebut sekaligus menebus kesalahannya di dalam seri sebelumnya.

Sesi kualifikasi sempat mengalami penundaan kelanjutan cuaca buruk. Penundaan dan status sirkuit yang basah karena abu tidak menghalangi Hamilton untuk mencatat waktu terbaik. Pebalap berusia 35 tahun itu tetap tampil jadi yang tercepat di sesi kualifikasi pertama sekaligus unggul atas Verstappen dan Lando Norris.

Performa gemilang itu diulangi Hamilton di sesi kualifikasi kedua secara catatan 1 menit 17, 825 detik. Juara GP Austria, Valtteri Bottas, mengawali lomba dari kondisi empat sedangkan Charles Leclerc (Ferrari) gagal lolos kualifikasi ketiga. Nantinya Leclerc start dari posisi ke-11 atau di belakang Sebastian Vettel. (wol/aa/crash/data2)

Advertisement

Editor: AUSTIN TUMENGKOL