Antisipasi Kemacatan, Ditlantas Poldasu Rekayasa Jalur Berastagi-Medan 3 Januari

Istimewa

MEDAN, Waspada.co.id – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera akan melakukan rekayasa arus lalu lintas di Jalur Berastagi-Medan untuk mengantisipasi arus balik pascalibur tahun baru.

“Rekayasa lalu lintas ini, diberlakukan pada 3 Januari 2021 di jalur Berastagi-Medan atau sebaliknya,” kata Dirlantas Polda Sumut, Kombes Pol Wibowo, Jumat (1/1).

Wibowo mengungkapkan, rekayasa lalu lintas ini akan diadakan mulai dari Simpang Amoy sampai Pancurbatu.

“Ini sifatnya hanya sementara. Bukan selamanya. Jadi dilakukan ini untuk mengantisipasi kemacatan yang bakal dan akan terjadi pada 3 Januari mendatang. Tepatnya saat arus balik saat masyarakat yang tengah melakukan liburan di daerah Berastagi,” ungkapnya.

Mengenai kapan rekayasa lalu lintas itu dilakukan, perwira dengan pangkat melati tiga dipundaknya ini menyatakan hal itu tergantung situasi arus lalu lintas yang ada di kawasan jalur Berastagi-Medan atau sebaliknya.

“Perlu diingat kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacatan dampak para wisatawan melakukan perjalanan balik pasca liburan akhir tahun. Jadi rekayasa ini dilakukan bukan untuk penetapan perubahan arus lalu lintas,” ujar Wibowo.

Kepada para pengendara, Wibowo mengimbau untuk mengutamakan keselamatan ketimbang kecepatan. “Apabila letih saat berkendara, silahkan istirahat di tempat yang benar-benar aman, seperti di SPBU atau Pospam yang sudah ada,” pungkasnya. (wol/lvz/data3)

Editor: Agus Utama