Anggaran Pendidikan Kena Sunat Rp5 Triliun karena Corona


Menteri Pelajaran dan Kebudayaan Nadiem Makarim. (ANTARA FOTO)

agregasi

JAKARTA, Waspada. co. id -Pandemi virus Corona (Covid-19) di Indonesia, berdampak terhadap Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Salah satu kementerian dengan memangkas anggarannya adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kemendikbud memangkas anggaran sebesar Rp5 triliun untuk membantu penanganan Covid-19. Anggaran tersebut dipotong dari APBN 2020 yang diterima Kemendikbud daripada sebelumnya Rp75, 70 triliun menjelma Rp70, 72 triliun.

“Kita lakukan efisiensi penghematan Rp5 triliun jadi bukan penerima sokongan covid tapi penyumbang untuk kebutuhan kesehatan, ” kata Mendikbud Nadiem Makarim, di Ruang Banggar DPR RI, Jakarta, Rabu (15/7/2020).

Menurut Nadiem, anggaran sebesar Rp5 triliun tersebut diambil dibanding perjalanan dinas di lingkungan kementeriannya serta pelatihan-pelatihan secara face to face atau tatap muka yang biasa dilakukan Kemendikbud. Hal tersebut sejalan dengan langkah pemerintah untuk mempercepat penanganan Covid-19 di Tanah Air.

“Alhamdulilah, berhasil kontribusi Rp5 triliun yang digunakan untuk realokasi penanganan krisis covid lainnya, ” ujarnya.

Advertisement

Dijelaskan Nadiem, Perubahan anggaran Kemendikbud Tahun 2020 dari sebelumnya Rp75, 70 triliun menjadi Rp70, 72 triliun adalah sebagai dampak kecendekiaan Pemerintah dalam realokasi dan refocusing Anggaran Pendapatan dan Belanja Negeri (APBN) Tahun 2020 untuk menolong penanganan bencana non-alam Coronavirus Disease (Covid-19).

“Kami mau memastikan bahwa program-program prioritas mampu berjalan dengan efektif dan mutasi anggaran ini dilakukan tanpa mengurangi kualitas pendidikan di Indonesia, ” tutupnya.