Airlangga: Golkar Fokus Upaya Tanggulangi Covid-19


foto: antara

JAKARTA, Waspada. co. id – Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan penyelenggaraan HUT ke-56 Partai Golkar akan menitikberatkan pada upaya menanggung pemerintah dan masyarakat dalam menanggulangi wabah pandemi Covid-19.

Airlangga menyampaikan hal itu zaman launching gerakan Sosialisasi Protokol Kesehatan tubuh (3M) pada Pilkada Serentak 2020 di Jakarta, Sabtu (17/10). Urusan yang digelar di kawasan Vitalitas Bung Karno (GBK) itu tentu mengikuti aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Tema kesempatan ini adalah kesehatan pulih, ekonomi berdiri dan pilkada menang. Kita terang dalam situasi Covid-19 ini, gerakan yang harus dilakukan itu 3M, yaitu mencuci tangan, menggunakan kedok, dan menjaga jarak, ” sirih Airlangga seperti dilansir dari Antara , Sabtu (17/10) malam.

Menurutnya, inti yang diangkat Partai Golkar dalam HUT tahun ini relevan secara keadaan yang dihadapi oleh marga Indonesia. Karena itu, dirinya ingin menggalakkan program-program tersebut dengan membagikan 4 juta masker dan menyediakan klinik kuning untuk masyarakat mampu melakukan test swab.

“Kita sukseskan Pilkada 2020 sekalipun di tengah pandemi Covid-19. Sejak gerakan 3 M, hanya kedok yang bisa dibagikan. Dua lainnya yaitu menjaga jarak dan membasuh tangan tidak bisa dibagikan, ” ujarnya.

Airlangga mengutip hasil pengamatan Institusi Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang menyatakan masker paling banyak digunakan jadi bahan kampanye. Hal itu sebab beririsan langsung dengan metode manuver pertemuan terbatas yang paling banyak diselenggarakan.

Berdasarkan masukan hasil pengawasan Bawaslu tersebut, satu diantara rangkaian peringatan hari ulang tahun Partai Golkar adalah dengan melakukan Gerakan 3M (memakai masker, membentengi jarak, dan mencuci tangan).

“Bahan kampanye yang memutar banyak digunakan adalah masker. Tersebut terdapat di 159 kabupaten/kota. Karena itu, kita melakukan gerakan itu, ” terangnya.

Ditambahkan, besarnya jumlah wilayah yang melakukan Pilkada akan sangat strategis andaikata dihadapkan pada pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang. Sebab itu, Golkar menetapkan target untuk meraih kemenangan 60 persen pada Pilkada 2020.

“Tentunya kemenangan 60 persen itu akan menjadi modal dasar Partai Golkar menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2024 belakang, ” tutupnya. (wol/aa/merdeka/d2)

editor AUSTIN TUMENGKOL